Maklumat

Khusus untuk konten-konten sastra seperti puisi, cerpen dan esai silahkan kunjungi http://blog.edelweis-art.com. Terima kasih (Penulis)

Selasa, Januari 15, 2008

"Error Message" Instalasi CMS

Mendesain web sekarang-sekarang ini, semenjak dikembangkannya piranti berbasis CMS (Content Management System), sungguh sangat menguntungkan bagi para desainer maupun programer web, terutama bagi mereka yang belum ataupun tidak begitu akrab dengan bahasa-bahasa pemrograman semacam ASP, PHP dan Java. Karena dengan CMS, mereka tidak perlu lagi menulis dan mengutak-atik kode-kode rumit pemrograman, yang mana semua telah disediakan secara "instan" oleh CMS. Ya, instan, karena begitu instalasi CMS selesai, file-file dan data-data pendukung telah langsung tersedia. Mereka tinggal memilih dan mengelola konten-konten apa saja, ataupun template dan modul apa saja yang diinginkan untuk web yang dirancang. Fantastis!!

Ada beberapa jenis CMS, dari yang berbayar hingga yang gratisan. Sebut di antaranya Fedora, Mambo, Php-Nuke, Wordpress, TikiWiki dan Joomla!. Yang terakhir cukup terkenal di antara piranti-piranti CMS lainnya, tidak lain karena sifatnya yang opensource dan, terlebih lagi, gratis!! ;-) (daftar lengkap CMS bisa dilihat di sini).

Selain mudah digunakan, instalasi CMS pun cenderung mudah, tinggal klik next, next dan next. Pun kebanyakan webhosting kini menyediakan pula menu CMS untuk para kliennya.

Seperti pengalaman saya yang mencoba menggunakan Joomla!. Hanya dalam hitungan menit, web yang saya rancang telah on the way tanpa harus pusing-pusing menulis dan menyiapkan kode-kode dan file-file HTML, PHP, CSS maupun table-table databasenya.

Anyway, namun demikian ada beberapa hal pula yang perlu diperhatikan berkenaan dengan instalasi maupun penggunaan CMS (atau lebih spesifiknya: Joomla!). Ini berkenaan dengan register global pada penanganan data. Banyak webhosting yang default register global-nya pada posisi on. Ini tidak lain untuk mempermudah para kliennya yang menggunakan jasa hosting mereka tidaklah repot mengolah data. Sebab jika fungsi register global off, maka input data akan benar-benar melalui proses filtering yang "ketat" (lebih jelasnya bisa baca--antara lain--di blognya Mas SyaifulSabril). Padahal, pada kebanyakan CMS, termasuk Joomla! fungsi register global haruslah dimatikan alias pada posisi off tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk lebih memproteksi web yang dibuat. Jika fungsi register global tetap on (fungsi ini bisa dilihat di info konfigurasi PHP di CPanel hosting) maka saat instalasi CMS akan keluar error message berupa "PHP register_globals setting is 'ON' instead of 'OFF'". Untuk mengakali hal ini, bisa dengan menyisipkan perintah "php_flag register_globals off" pada file .htaccess dengan cara mengeditnya secara manual. File ini biasanya berada di folder /public_html. Nah, setelah di-save kembali, maka error message tersebut pun akan hilang.


configuration.php is : Unwriteable

Uppss!! Ngedit kok nggak bisa, ya? Malah keluar warning: "An Error Has Occurred! Unable to open config file to write!" ???? Ya, ini dikarenakan fungsi writeable untuk file tersebut tidaklah aktif. Ini pun merupakan bagian dari sistem keamanan CMS. Untuk mengaktifkan fungsi writeable ini, bisa mengeditnya dari file manager yang terdapat di CPanel hosting. Cari file configuration.php tersebut. Klik kanan pada file ini, lalu pilih Change Permissions. Ubahlah kode keamanan (permission)-nya yang 644 menjadi 777 atau dengan mencentang semua fungsi (read, write & execute). Nah, sekarang bisa deh diutak-atik file atau menu global configuration tersebut. Jika kemudian didapati kasus yang sama semisal dalam mengedit html ataupun css template, bukalah folder untuk file yang bersangkutan pada CPanel hosting lalu lakukan langkah yang sama seperti untuk file configuration.php. Oya, jangan lupa, setelah selesai mengedit file-file tersebut, kembalikan kode keamanan 777 ke 644 atau hilangkan kembali centang yang kita buat baru tersebut.

Untuk kendala-kendala lainnya, jangan sungkan bertanya-tanya kepada para ahli baik melalui web maupun situs pribadi mereka yang banyak bertebaran semisal Blog Belajar CMS ataupun melalui forum-forum seperti Komunitas Joomla Indonesia & Milis KOMPUTER-TEKNOLOGI Atau bisa juga bertanya ke Om pinter Google ;-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar