Maklumat

Khusus untuk konten-konten sastra seperti puisi, cerpen dan esai silahkan kunjungi http://blog.edelweis-art.com. Terima kasih (Penulis)

Senin, Oktober 13, 2008

Merubah Background Desktop Windows Menjadi Gambar Animasi dengan Flash

Lazimnya, tampilan gambar background pada desktop adalah sebuah gambar yang statis. Toh, bukan berarti kita tidak bisa menampilkan gambar bergerak (animasi) pada desktop. Ya, kita bisa menjadikan animasi sebagai tampilan background desktop dengan bantuan Flash. Of course, ini akan menjadikan kejenuhan kita kala bekerja di depan komputer sedikit terobati.

Mungkin Anda pun sebenarnya telah mengetahui pula hal ini. Namun, jika Anda belum tahu caranya, Anda bisa menyimak uraian berikut ini.

Saya ambil contoh animasi yang akan ditampilkan berupa flash movie sea-animals.swf yang file-nya saya sertakan (silahkan klik download di bagian akhir tulisan ini untuk mengunduhnya). Ide awal dari "sea-animals" ini adalah dari anak saya, Nurul (1,5 tahun) yang sangat menggemari dunia bawah laut. Saking gemarnya, film-film yang menceritakan tentang kehidupan bawah laut, tak bosan-bosannya ia tonton saban waktu, selain Kungfu Panda dan Barney sebagai favoritnya. Di laptop kebetulan saya mempunyai sebuah gambar kumpulan hewan laut yang saya download dari sebuah situs yang saya lupa alamatnya. Saya jadikan kemudian gambar tersebut sebagai tampilan desktop pada laptop karena Nurul pun suka nimbrung saat saya sedang di depan laptop. Tiba-tiba timbul ide dalam pikiran saya, kenapa tidak dijadikan saja gambar itu sebagai animasi?? Sambil membuka program Flash 8, dengan bantuan Photoshop, saya pilah-pilih gambar-gambar yang bisa mewakili. Mula-mula saya ambil gambar lumba-lumba dan mengimpornya ke dalam Flash. Saya coba utak-atik ... Kemudian saya ambil lagi gambar paus, lalu hiu, kuda laut dan ubur-ubur. Satu persatu ... hingga jadilah sebuah movie. Upss.. tapi rasanya masih ada ruang kosong. Akhirnya saya ambil gambar ikan, dan masih dengan bantuan Photoshop, saya duplikasi gambar tersebut menjadi tujuh ekor yang bergerombol. Saya coba putar lagi. Ready! Dan setelah saya masukkan gambar background, akhirnya saya save dan terakhir saya publish juga ke HTML (agar bisa dijadikan sebagai tampilan background desktop, karena selain bisa menampilkan gambar statis, desktop juga bisa menampilkan file HTML sebagai background-nya). Oke, sekarang tinggal membukanya di desktop. Yes!!

Saya pun mencoba mendiskusikan hasilnya dengan istri saya, apa-apa yang kurang. "Ubur-uburnya kalau bisa jalannya jangan terusan gitu dong, Yah, terputus-putus gitu..," komentar istri saya memberi masukan. He he he .. bener juga. Saya pun mengedit kembali si ubur-ubur. Then ... jadi deh, flash movie seperti yang dapat Anda lihat di bawah ini.



Bingung?? He he he .. oke, gini:

Pertama, buat flash movie yang kita inginkan seukuran desktop (misal 800x600 px atau 1024x768 px)

Kedua, jika sudah jadi, publish juga flash movie ke format HTML. Pastikan browser di komputer atau laptop Anda telah menyediakan flash player, jika belum, silahkan download dan instal terlebih dulu dari sini

Ketiga, edit background desktop, bisa dengan melalui menu Display di Control Panel atau klik kanan di sembarang tempat pada tampilan desktop lalu pilih Properties hingga akan muncul gambar berikut:



Klik menu Desktop lalu klik Browse. Cari file HTML yang berisi flash movie yang akan kita jadikan background lalu klik Open, setelah itu klik OK.



Keempat, agar tampilan gambar desktop lebih maksimal tanpa "terganggu" tampilan ikon-ikon program dan folder, kita bisa menyembunyikan ikon-ikon tersebut dengan cara .. klik kanan pada desktop, pilih Arrange Icons By -> Show Desktop Icons. Lihat gambar a di bawah. Jika yang muncul seperti gambar b di bawah, arahkan pointer di bagian pojok desktop lalu klik kanan hingga muncul tampilan seperti gambar a di bawah.



gambar a

gambar b


Download "Sea Animals" (32 KB)

Catatan: Ekstrak terlebih dahulu file yang telah didownload. Jangan pisahkan file sea-animals.html & sea-animals.swf, tetap tempatkan dalam satu folder. Jika tidak, maka animasi tidak dapat dijalankan pada desktop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar