Maklumat

Khusus untuk konten-konten sastra seperti puisi, cerpen dan esai silahkan kunjungi http://blog.edelweis-art.com. Terima kasih (Penulis)

Selasa, Juli 16, 2013

Mengatasi Error Grub: "No Such Partition"

Bagi Anda yang menggunakan 'dual boot' sistem operasi (Windows dan Linux Ubuntu), mungkin Anda pernah, atau sedang mengalami masalah (biasanya setelah menambah atau menghapus partisi dari Windows) di mana saat menjalankan komputer atau laptop, tidak muncul daftar sistem operasi yang biasa ditampilkan oleh GRUB (Grand Unified Bootloader)-nya Ubuntu melainkan dua baris berikut:

error: no such partition.
grub rescue>

Ya, error ini muncul karena dengan ditambahkan atau dihapusnya partisi, posisi partisi Ubuntu menjadi tergeser, sehingga posisi bootloader (dalam hal ini GRUB) yang telah terekam pada MBR (Master Boot Record) komputer tidak lagi valid. Untuk mengatasinya, mula-mula kita lihat daftar partisi yang ada pada komputer dengan mengetikkan perintah 'ls':

grub rescue> ls

Hasilnya akan muncul daftar seperti di bawah ini:

(hd0)   (hd0,msdos7)   (hd0,msdos6)   (hd0,msdos5)   (hd0,msdos1)

Sekarang, coba cek masing-masing partisi, untuk mengetahui keberadaan Ubuntu dengan mengetikkan perintah 'ls (hdx,y)', misalnya:

grub rescue> ls (hd0,5)

Jika yang muncul sebagai berikut:

error: unknown filesystem.

maka isi partisi tersebut bukanlah Ubuntu. Coba lagi misalnya:

grub rescue> ls (hd0,6)

Jika yang muncul seperti berikut:

./  ../  lost+found/  etc/  media/  bin/  boot/  dev/  home/  lib/  ...

Maka berarti Ubuntu ada di partisi ini. Jika demikian, kita bisa melanjutkan dengan memanggil kembali GRUB dengan mengetikkan satu per satu baris-baris perintah berikut:

grub rescue> set prefix=(hd0,6)/boot/grub
grub rescue> set root=(hd0,6)
grub rescue> insmod normal
grub rescue> normal

Setelah itu, komputer akan kembali normal seperti biasa. Daftar pilihan sistem operasi akan muncul kembali.


Namun, ... ini belum selesai. Jika setelah ini Anda langsung menggunakan komputer Anda seperti biasa hingga Anda melakukan shutdown atau restart komputer, maka setelah komputer aktif kembali, error grub ini akan muncul kembali. Sebab, perintah di atas hanya digunakan untuk memanggil GRUB sekali itu. Untuk itu, agar nantinya GRUB bisa muncul dengan sendirinya seperti semula, Anda perlu mendaftarkan ulang GRUB. Caranya, masuk ke Ubuntu. Buka Terminal lalu ketik satu per satu dua baris perintah berikut:

sudo update-grub
sudo grub-install /dev/sda

Finished. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar