Maklumat

Khusus untuk konten-konten sastra seperti puisi, cerpen dan esai silahkan kunjungi http://blog.edelweis-art.com. Terima kasih (Penulis)

Kamis, Juli 26, 2018

Cara Mencetak Data Secara Langsung dari Web Browser Android

Salah satu kendala yang kita hadapi sebagai developer aplikasi web adalah mencetak langsung dari browser pada perangkat Android (misalnya untuk mencetak faktur penjualan, bukan mencetak halaman web) di mana jika kita menggunakan browser pada desktop sangat dimungkinkan dengan menggunakan javascript namun untuk web browser pada Android hal ini tidak berlaku (You cannot use JavaScript in a HTML document to trigger printing).

Bagi yang menguasai juga pembuatan aplikasi Android, mungkin hal di atas tidak menjadi kendala yang cukup berarti. Namun bagi yang tidak menguasai, kendala di atas bisa menjadi mimpi buruk yang mengancam, karena di jaman sekarang, tentu banyak klien yang menginginkannya. Hal yang bisa dilakukan pada akhirnya adalah meng-hire developer android untuk membuatkan aplikasi yang bisa membantu atau mencari-cari aplikasi di Play Store yang bisa digunakan. Untuk hal yang ke dua, tentu membutuhkan proses trial and error dan keberuntungan tentu saja. Ya, sebab jika tidak beruntung kita akan cukup lama menemukan aplikasi yang cocok. Karena dari pengalaman saya pribadi, aplikasi-aplikasi untuk mencetak (yang biasanya melalui bluetooth dan disambungkan dengan printer thermal yang biasanya juga disertakan saat kita membeli printernya) tidak banyak yang membantu. Rata-rata bisa digunakan hanya melalui aplikasi itu sendiri. Dan beruntung, saya menemukan sebuah aplikasi di Play Store, Bluetooth Print, yang dikembangkan oleh Mate Technologies. Aplikasi ini menyediakan fungsi yang bisa kita gunakan mencetak langsung dari halaman web pada perangkat Android kita.



Untuk mencetak langsung dari browser menggunakan aplikasi Bluetooth Print tersebut, kita bisa menggunakan tag hyperlink atau fungsi window.open() pada halaman web.





Secara detail, prosesnya bisa digambarkan sebagai berikut:

Saat kita klik link atau tombol cetak pada halaman web, maka akan membuka aplikasi Bluetooth Print. Selanjutnya aplikasi akan mengirimkan request ke url yang telah kita tentukan dan simpan sebelumnya, yang akan memberikan response berupa data yang akan dicetak dalam bentuk json. Jika url dan data response valid, maka aplikasi akan meneruskan datanya ke printer untuk dicetak.

Adapun link address untuk membuka aplikasi Bluetooth Print adalah my.bluetoothprint.scheme://<url>?<parameter>. <url> lazimnya diisi dengan url halaman web kita namun dapat diisi apa saja sementara <parameter> adalah parameter yang akan dikirim ke url response yang kita tentukan. Misalnya link address-nya adalah my.bluetoothprint.scheme://http://ekasir.namatokokita.com/form-penjualan.php?nota=0001. Sementara url response-nya misalnya http://ekasir.namatokokita.com/data.php. Maka saat kita klik link address tersebut, aplikasi akan mengirimkan GET request nota=0001 yang akan kita tangkap di http://ekasir.namatokokita.com/data.php dan kita gunakan sebagai parameter untuk mengirimkan  data yang diperlukan. Bagaimana bentuk data yang harus dikirimkan, pada pengaturan aplikasi telah disediakan contohnya.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar