Maklumat

Khusus untuk konten-konten sastra seperti puisi, cerpen dan esai silahkan kunjungi http://blog.edelweis-art.com. Terima kasih (Penulis)

Kamis, Mei 10, 2018

iPusnas: Mudahnya Meminjam Buku Perpustakaan dari Manapun Kita Berada

Salah satu berkah dari kemajuan teknologi adalah semakin mudahnya kita dalam mengakses dan mendapatkan sumber bacaan (dalam hal ini: buku) yang kita inginkan. Era ketika digitalisasi merupakan sesuatu yang hanya bisa kita bayangkan atau kita tonton dari cerita-cerita atau tayangan film-film fiksi ilmiah, bahkan kita terkadang harus menempuh jarak berpuluh kilometer untuk sekedar meminjam buku pada perpustakaan yang menyediakannya. Kini, dengan kemajuan teknologi, kita tidak hanya bisa meminjam, kita pun bisa membacanya langsung dari tempat duduk kita di rumah atau dari mana pun kita berada.

iPusnas

Ya, dengan inovasi teknologi yang disematkan pada perangkat pintar Android, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) telah merilis aplikasi iPusnas sebagai sarana bagi kita untuk meminjam buku yang disediakan tanpa perlu repot datang langsung ke gedung PNRI. Tentu, buku yang disediakan bukanlah buku konvesional dari kertas namun merupakan buku versi digital (e-book). Toh, saya rasa, itu bukanlah soal bahkan bisa merupakan solusi yang sangat baik karena tanpa perlu menenteng-nenteng buku-buku yang tebal kemana-mana, kita bisa tetap membacanya karena isinya pun sama dengan versi asli, versi cetaknya.



Cukup Pasang Aplikasi dan Daftarkan Email Kita dan Selanjutnya Gratis!


Benar, yang kita perlukan untuk mengakses perpustakaan digital milik PNRI hanyalah memasang aplikasi iPusnas yang bisa kita unduh melalui Play Store di perangkat Android kita dan selanjutnya mendaftarkan email kita agar kita bisa mengaksesnya secara penuh. Selain menggunakan nama email, kita pun bisa menggunakan akun Facebook kita untuk login ke iPusnas.

Lalu, buku apa saja yang disediakan dan bagaimana cara peminjamannya?

Seperti bisa dilihat pada gambar di bawah ini, iPusnas menyediakan lebih dari 130 kategori buku yang meliputi hampir semua bidang seperti agama, ekonomi, pendidikan, kesehatan, politik, sastra dan humaniora juga hobi dan hiburan, yang bisa kita pinjam.

Daftar kategori buku yang tersedia pada iPusnas


Adapun cara peminjamannya, setelah kita mencari dan menemukan buku yang akan kita pinjam, pada tampilan detail buku disediakan tombol Pinjam. Setelah kita mengklik tombol Pinjam, maka akan tampil daftar ePustaka yang menyediakan buku tersebut. Setelah kita memilih salah satunya, maka buku akan terunduh dan masuk ke dalam rak buku kita. Ya, pada akun iPusnas kita, disediakan rak buku khusus untuk kita guna menampung buku-buku yang kita pinjam. Untuk membacanya, kita tinggal mengkliknya pada rak buku kita. Untuk memudahkan, pada masing-masing buku disediakan tombol bookmark sebagai penanda halaman yang telah kita baca atau kita anggap penting. Beberapa buku juga menyediakan daftar isi yang jika diklik judul akan langsung membuka kontennya. Jika kita sudah selesai membacanya, maka tinggal kita kembalikan buku yang kita pinjam degan menggunakan menu pengembalian buku yang telah disediakan. Masing-masing buku juga mempunyai masa pinjam. Artinya, selesai atau belum selesai kita baca, maka buku yang kita pinjam akan ditarik agar dapat dipinjamkan kepada yang lain. Jika kita memang masih memerlukannya, kita pun bisa meminjamnya kembali. Jangan khawatir, karena biasanya buku yang tersedia untuk satu judul lebih dari satu buku.

Pencarian Buku

Detail Buku

Proses Peminjaman Buku

Rak Buku

Info Masa Berlaku Peminjaman Buku

Menu Pengembalian dan Sharing

Daftar Isi Buku

Penanda Buku (Bookmarks)

Isi Buku

Selain disediakan rak untuk menampung buku yang kita pinjam, kita juga diberikan fasilitas Catatan Pribadi yang bisa kita gunakan untuk mencatat hal-hal penting dalam membaca atau catatan-catatan lain yang kita perlukan. iPusnas sendiri sedianya juga merupakan jejaring sosial yang bisa menghubungkan kita dengan pembaca-pembaca lainnya dan saling berbagi informasi maupun catatan.


Dashboard

Catatan Pribadi

Linimasa

Selamat membaca :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar