Maklumat

Khusus untuk konten-konten sastra seperti puisi, cerpen dan esai silahkan kunjungi http://blog.edelweis-art.com. Terima kasih (Penulis)

Sabtu, Oktober 17, 2009

Analogi Huruf

Gagalnya sebuah komunikasi, pada banyak kasus, merupakan penyebab fatal dari gagalnya suatu proyek, pekerjaan ataupun program. Semisal karena adanya komunikasi yang tidak jelas antara petugas customer service sebuah toko dengan seorang pelanggan tentang pencatatan alamat pengiriman barang untuk si pelanggan hingga terjadi kesalahan pengiriman ke alamat yang bukan merupakan alamat yang disebutkan si pelanggan sebelumnya. Contoh lain adalah bocornya sebuah dokumen rahasia karena kesalahan pengiriman email ke alamat yang tidak semestinya yang juga dikarenakan kesalahan komunikasi soal pencatatan alamat email.

Pada kedua contoh di atas, sebenarnya kesalahan pencatatan alamat bisa dihindari jika kedua pihak tidak tergesa-gesa, namun sebaliknya lebih berhati-hati dalam berkomunikasi. Aksentuasi penyebutan huruf dan juga kejelasan penerimaan ucapan (baca: pendengaran) audiennya biasanya merupakan faktor penyebab kegagalan komunikasi ini. Dalam hal ini, analogi huruf adalah cara ampuh untuk menghindari kesalahan pencatatan, entah email, nomor seri, nama jalan dan sebagainya, yang sebenarnya sudah sejak lama ada dan digunakan.

Berikut ini adalah daftar analogi huruf dari A sampai Z. Pemakaiannya untuk mengejakan huruf depan yang ada. Misal Charlie adalah analogi untuk huruf C. Oscar adalah analogi untuk huruf O. Hingga kata dhani bisa diejakan dengan delta hotel alpha november india. Dhani yang tentu saja berbeda dengan dani ataupun danny. Semoga bermanfaat.

A - Alpha
B - Beta
C - Charlie
D - Delta
E - Echo
F - Foxtrot
G - Golf
H - Hotel
I - India
J - Juliet
K - Kilo
L - Lima
M - Mike
N - November
O - Oscar
P - Papa
Q - Quebec
R - Romeo
S - Serria
T - Tango
U - Uniform
V- Victor
W - Whiskey
X- X-Ray
Y - Yankee
Z- Zulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar